Cara Mengobati Demam Berdarah Dengan Cepat dan Tepat

Cara mengobati demam berdarah dengan benar

Cara mengobati demam berdarah dengan cepat dan tepat sangat perlu Anda ketahui karena penyakit ini sudah sangat banyak menimbulkan kasus kematian.  Demam berdarah disebabkan oleh virus dengue yang di tularkan oleh vektor nyamuk dari jenis Aedes aegipty yang banyak berkeliaran di sekitar kita. Terkadang gejala awal demam berdarah ini sering terlihat seperti demam biasa, namun seiring berjalannya waktu demam akan di sertai dengan berbagai gangguan yang akan semakin parah. Untuk memahami seperti apa ciri ciri orang terkena demam berdarah, simak penjelasannya berikut ini.

 

Ciri Ciri Penyakit Demam Berdarah

Cara mengobati demam berdarah bisa Anda lakukan dengan tepat apabila Anda bisa mendeteksi terjadinya serangan penyakit demam berdarah sedini mungkin. Untuk itu Anda harus memahami terlebih dahulu seperti apa gejala-gejala yang akan di alami oleh seseorang yang terserang penyakit demam berdarah tersebut. Berikut ini adalah 4 ciri paling umum yang akan di alami oleh orang yang terkena penyakit demam berdarah:

  1. Gejala penyakit demam berdarah selalu di awali dengan demam tinggi hingga 40 derajat celcius selama 2-7 hari. Gejala ini merupakan masa inkubasi demam berdarah tahap awal yang akan segera di susul oleh gejala berikutnya.
  2. Setelah panas tinggi, gejala selanjutnya adalah muncul bintik merah demam berdarah di sekujur tubuh.
  3. Fase demam berdarah yang selanjutnya yaitu sering mengalami mimisan, muntah darah, dan berak darah yang di sertai dengan nyeri pada ulu hati.
  4. Dalam tahapan yang sudah parah penderita demam berdarah akan mengalami pendarahan pada selaput lendir mukosa. Pada fase ini trombosit penderita demam berdarah akan turun secara drastis hingga mencapai 100.000 per mm3.
  5. Pemulihan pasca demam berdarah biasanya memakan waktu yang relatif lama. Selama masa pemulihan Anda di anjurkan untuk mengonsumsi banyak cairan setiap hari.

 

Penyebab Demam Berdarah

Demam Berdarah Dengue atau disingkat DBD merupakan penyakit demam berdarah yang paling mematikan. DBD disebabkan oleh virus dengue yang menular lewat gigitan nyamuk dari jenis Aedes sp. Biasanya nyamuk yang menjadi vektor virus dengue ini adalah nyamuk Aedes aegipty atau Aedes albopictus yang berkelamin betina. Cara mengobati penyakit demam berdarah tidak hanya di lakuan dengan melakukan perawatan pada penderita saja, tapi Anda juga harus membasmi nyamuk yang menjadi penyebab terjadinya penyakit ini. Untuk itu Anda harus mengenali ciri-ciri nyamuk yang menularkan virus demam berdarah berikut ini:

 

Ciri Ciri Nyamuk Demam Berdarah

  1. Memiliki warna hitam dengan belang putih pada seluruh tubuhnya
  2. Dapat berkembangbiak di tempat penampungan air benda lainnya di sekitar Anda yang dapat menampung air seperti tempayan, bak mandi, vas bunga, drum, ban bekas dan sejenisnya.
  3. Nyamuk Aedes aegypti penyebab demam berdarah tidak dapat berkembang biak di selokan, kolam, atau genangan lain yang airnya langsung berhubungan dengan tanah.
  4. Nyamuk demam berdarah hanya akan menggigit manusia pada pagi dan sore hari
  5. Memiliki kemampuan terbang sampai 100 meter

 

Pengobatan Demam Berdarah

Cara mengobati demam berdarah haruslah di lakukan dengan bantuan tenaga medis di rumah sakit. Namun Anda juga bisa melakukan beberapa pertolongan pertama pada penderita demam berdarah dengan banyak memberikan cairan yang berasal dari buah-buahan. Sebagai cara mengatasi demam menggigil Anda bisa lakukan dengan mengompres bagian kepala untuk menurunkan suhu yang terlampau tinggi. Anda juga bisa menggunakan obat tradisional demam menggigil seperti ekstrak aloe vera dan daun pepaya yang bisa Anda dapatkan dengan mudah di toko-toko obat herbal terdekat.

 

Begitulah ulasan singkat dari Tips Kebugaran tentang cara mengobati demam berdarah yang baik dan benar. Pada intinya kita harus mengetahui terlebih dahulu dari tanda-tanda terinfeksi virus DBD, kemudian barulah diambil tindakan cepat dan tepat dalam penanganannya. Semoga sampai disini Anda sudah dapat gambaran tentang garis besar penyakit demam berdarah serta pengobatannya. Terus jaga kesehatan dan lingkungan kita. Be Healthy !!

Baca Juga

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*