Cara Mengobati Asma Yang Sulit Di Sembuhkan

Cara mengobati asma

  Cara mengobati asma cenderung lebih sulit di lakukan apabila sumber penyakitnya tidak segera di hilangkan. Penyakit asma atau yang lebih akrab dengan sebutan bengek, merupakan penyakit akibat gangguan dan kelainan pada paru-paru. Hal ini bisa di picu oleh berbagai faktor seperti alergi dan infeksi bakteri. Untuk bisa menyembuhkan penyakit asma maka faktor pemicunya harus di hilangkan terlebih dahulu secara total.

 

Sifat Dan Gejala Penyakit Asma

Asma merupakan penyakit kambuhan yang sangat mudah muncul ketika terpicu oleh faktor-faktor yang dapat menyebabkan alergi seperti debu, asap, atau udara yang dingin. Orang yang mengidap asma biasanya cenderung memiliki alat pernafasan yang sensitif, sedikit saja bertemu dengan faktor-faktor pemicu seperti di atas maka asma akan kambuh.

Kambuhnya penyakit asma biasanya di ikuti dengan gejala kesulitan bernafas, sesak hebat pada dada, dan rasa nyeri yang terjadi berulang-ulang pada dada. Penyakit asma yang tidak segera di obati akan berlanjut pada munculnya gangguan lain yang lebih parah seperti radang paru-paru atau di kenal juga dengan sebutan pneumonia.

 

Cara Mengobati Asma Secara Alami

Cara  menyembuhkan asma secara total tetap bisa di lakukan dengan menjalani terapi berkelanjutan yang biasanya memakan waktu yang cukup lama. Anda bisa menempuh pengobatan medis dengan menggunakan obat-obatan kimia atau menggunakan cara-cara alami dengan menggunakan obat berbahan herbal. Cara mengobati asma dengan menggunakan obat kimia memang relatif lebih cepat, namun kurang di anjurkan karena efek sampingnya di khawatirkan dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Berbeda dengan metode penyembuhan asma menggunakan bahan alami yang cenderung aman meskipun membutuhkan waktu yang lebih lama.

Berikut ini adalah beberapa kumpulan tanaman obat asma yang bisa di gunakan untuk pengobatan asma dengan cara alami:

 

1. Alpukat

Alpukat - Cara mengobati asma

Cara mengobati asma menggunakan alpukat telah sejak lama di lakukan sebagai metode pengobatan alternatif yang aman dan bebas efek samping. Di dalam alpukat terdapat senyawa I-gluthaione yang merupakan senyawa anti asma yang memiliki konsentrasi paling tinggi.  Sifat senyawa ini mampu memperbaiki sel-sel paru-paru yang rusak akibat serangan radikal bebas dan zat polutan yang masuk. Selain itu alpukat juga dapat membantu berlangsungnya proses detoksifikasi dalam paru-paru menjadi lebih cepat. Alpukat bisa Anda konsumsi dalam kondisi segar, usahakan untuk memilih alpukat yang telah matang dengan sempurna agar kandungan nutrisi di dalamnya lebih mudah di serap oleh tubuh.

 

2. Jahe

Jahe - Cara mengobati asma

Jahe bisa di gunakan sebagai cara mencegah penyakit asma agar tidak terlalu sering kambuh. Senyawa gingerol yang bersifat anti-inflamasi mampu mencegah terjadinya penyempitan rongga pernafasan yang membuat penderita asma menjadi sesak nafas. Jahe bisa Anda konsumsi dalam bentuk rebusan yang di minum rutin setiap hari. Namun sangat tidak dianjurkan untuk mengonsumsi jahe secara berlebihan, karena dibalik semua manfaat baik pada jahe terdapat efek samping yang dapat membuat perut menjadi tidak sehat. Bagi Anda yang bermasalah saat mengonsumsi jahe, sangat disarankan untuk cepat memeriksakannya ke dokter terdekat.

 

3. Kubis

Kubis - Cara mengobati asma

Cara mengobati asma dengan menggunakan bahan-bahan alami juga bisa di lakukan dengan mengonsumsi kubis. Kubis merupakan sumber vitamin C yang sangat tinggi yang memiliki kemampuan untuk menangkal berbagai radikal bebas yang masuk ke dalam paru-paru. Kubis memiliki kandungan yang hampir mirip dengan brokoli, dimana sama-sama kaya akan antioksidan dan betakaroten yang mampu meregenerasi serta melindungi sel paru-paru yang rusak. Khasiat kubis lainnya adalah mencegah terjadinya kontraksi otot pada organ pernapasan bagian dalam yang menyebabkan sesak nafas.

 

4. Minyak Kayu Putih

Minyak Kayu Putih - Cara mengobati asma

cara menghilangkan sesak nafas karena asma berikutnya adalah menggunakan minyak kayu putih. Minyak kayu putih bisa di gunakan sebagai obat pada pertolongan pertama asma pada anak kecil karena sifatnya sebagai pengendur saraf yang dapat membuka saluran pernapasan yang tersumbat. Minyak kayu putih cukup efektif untuk meringankan sesak napas saat penyakit asma sedang kambuh. Kayu putih berguna untuk melebarkan pembuluh darah, sehingga oksigen bisa dengan mudah masuk ke dalam paru-paru dan secara tidak langsung dapat mengatasi sesak nafas yang sedang di derita. Oleh karena itu minyak kayu putih sangat di sarankan untuk selalu di bawa bagi mereka yang mengidap asma.

 

Bagaimana? sudah dapat gambaran tentang cara mengobati asma yang akan diterapkan. Semoga pembahasan dari Tips Kebugaran ini dapat menambah wawasan Anda dalam mengatasi sesak nafas karna penyakit asma yang sedang di derita. Selamat mencoba. Be Healthy !!

Baca Juga



1 Trackback / Pingback

  1. 5 Jenis Obat Generik Untuk Sakit Asma Lengkap Dengan Penjelasan

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*