8 Cara Menghilangkan Pegal-Pegal Tanpa Obat dan Berkhasiat

Cara Menghilangkan Pegal-Pegal

Cara Menghilangkan Pegal-Pegal – Pegal dapat mengganggu tubuh ketika melakukan suatu aktifitas. Biasanya rasa pegal menyerang bagian bahu, punggung, leher, tangan, paha, dan kaki. Semua bagian tersebut sering digunakan untuk kegiatan tertentu seperti mengangkat dan menahan beban. Beberapa penyebab timbulnya pegal-pegal yaitu kekurangan vitamin B1, sering melakukan pekerjaan berat, jarang berolahraga, dan juga kurang istirahat.

Rasa pegal bukan hanya menyerang orang yang sudah tua saja loh, tapi juga dapat menyerang remaja dan anak-anak. Cara menghilangkan pegal-pegal sebenarnya tidak terlalu sulit, silakan Anda simak beberapa cara alami menghilangkan pegal berikut ini.

 

Cara Menghilangkan Pegal-Pegal Dengan Alami

 

1. Menggunakan Bawang Merah

Khasiat rempah yang satu ini memang sudah tidak diragukan lagi. Bawang merah memiliki zat panas alami yang dapat meregangkan otot yang pegal. Cara menggunakannya, parut bawang merah dan campurkan minyak zaytun atau bisa juga menggunakan minyak kelapa. Setelah itu oleskan pada bagian tubuh yang terasa pegal. Diamkan hingga panas yang keluar dari bawang merata sehingga pegal bisa segera hilang.

 

2. Banyak Minum Air Putih

Selain bermanfaat untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh, air putih juga bermanfaat untuk mengendurkan urat dan melemaskan otot yang tegang. Selain itu, air putih juga dapat melarutkan kadar asam urat di dalam tubuh dan nantinya akan dikeluarkan melalui air seni, itulah salah satu alasannya kenapa ketika Anda buang air kecil tubuh Anda menjadi lebih fresh dari sebelumnya.

 

3. Melakukan Peregangan

Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan pemanasan dengan menggerakkan bagian otot yang pegal. Selain itu, Anda juga bisa melakukan push up karena bisa melemaskan bagian otot seluruh tubuh mulai dari kepala sampai ujung kaki. Untuk Anda yang bekerja di depan komputer sebaiknya lakukan peregangan setidaknya 1 jam sekali selama 2 menit.

 

4. Makan Pisang

Selain bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, ternyata kandungan potassium pada pisang juga bermanfaat untuk meregangkan otot yang tegang. Anda bisa mengonsumsi pisang sebagai cemilan, atau bisa juga diolah menjadi jus sesuai dengan keinginan Anda. Makanlah pisang setelah melakukan pekerjaan yang berat.

 

5. Minyak Cengkeh

Minyak cengkeh memiliki kandungan panas alami yang dapat melemaskan bagian tubuh yang terasa pegal. Namun, pilihlah minyak cengkeh yang asli karena sekarang ini banyak minyak cengkeh di pasaran yang dicampur bahan kimia. Panaskan minyak cengkeh kemudian oleskan pada bagian tubuh yang terasa pegal.

 

6. Menggunakan Es Batu

Para pelatih sepak bola sering menggunakan metode berendam es batu untuk menghilangkan pegal-pegal dan tegang otot para pemainnya. Anda bisa menggunakan es batu dengan cara menempelkannya pada bagian tubuh yang terasa pegal. Lakukan cara tersebut secara bertahap sampai pegal-pegal yang Anda rasakan menghilang.

 

7. Minum Susu

Selain air putih, cara menghilangkan pegal-pegal lainnya dapat dilakukan dengan mengonsumsi segelas susu. Susu memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi untuk kesehatan tulang dan tubuh Anda. Selain itu, kandungan kalsium juga dapat mengatasi rasa pegal. Minumlah segelas susu pada pagi dan malam hari agar tubuh Anda selalu fit dan kesehatan tulang tetap terjaga.

Baca Juga :

 

8. Kulit Manggis

Ternyata pada kulit manggis memiliki segudang khasiat untuk tubuh, salah satunya untuk mengatasi pegal-pegal. Caranya, potong kulit manggis kecil-kecil kemudian jemur sampai benar-benar kering. Setelah itu, haluskan kulit manggis sampai menjadi bubuk lalu seduh menggunakan air panas. Anda juga bisa menambahkan gula sebagai pemanisnya. Minumlah ramuan ini secara rutin.

 

Semua cara menghilangkan pegal-pegal tanpa obat yang sudah dijelaskan diatas sudah dibuktikan banyak orang. Silakan Anda coba sendiri di rumah, tidak sulit kok, bahan-bahannya juga mudah didapatkan. Selamat mencoba dan semoga dapat membantu. Be Healthy !!



Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*