7 Cara Menghilangkan Jerawat Batu Di Pipi Yang Membandel

Cara menghilangkan jerawat batu

  Jerawat batu merupakan jenis jerawat yang disebabkan karena peradangan kulit dan berbentuk besar. Jerawat batu ini jika tidak segera diatasi dengan tepat akan mengakibatkan munculnya bekas luka yang sulit sekali hilang dari kulit wajah atau pipi. Banyak beredar cara menghilangkan jerawat batu di masyarakat luas, tetapi tidak banyak yang memberikan cara yang benar. Salah penanganan pada jerawat batu, sangat berakibat akan penyebaran jerawat yang semakin banyak. Berikut adalah beberapa ciri-ciri jerawat batu yang biasa menyerang daerah wajah atau pipi.

 

Ciri-Ciri Jerawat Batu

 

1. Lebih besar dar jerawat biasa

Jika pada wajah anda terdapat jerawat dengan ukuran yang lebih besar dari ukuran jerawat biasa, maka bisa dipastikan jerawat tersebut adalah jerawat batu. Ukuran jerawat batu lebih besar dari jerawat biasa akibat munculnya peradangan pada pori-pori sehingga muncul bintik yang keras serta membesar dan berwarna memerah.

 

2. Pada ujungnya terdapat bintik nanah

Jerawat batu memiliki ciri menonjol yakni adanya bintik nanah pada ujung jerawat. Bintik nanah ini akan memecah jika sudah matang dan akan membuat jerawat mengempes. Namun jika dipaksakan untuk dipencet, bintik nanah ini akan menimbulkan bekas jika jerawat sudah sembuh.

 

3. Tumbuh di sekitar dagu dan dahi

Jerawat batu kebanyakan tumbuh di bagian dagu dan dahi. Hal ini karena pada daerah kulit tersebut seringkali terjadi peradangan pori-pori. Seringkali jerawat kecil yang muncul pada dagu dan dahi dipaksakan untuk dipencet sehingga menimbulkan iritasi.

 

Cara Menghilangkan Jerawat Batu

 

1. Datangi dokter kulit atau dokter kecantikan

Dengan mendatangi dokter kulit atau dokter kecantikan, kondisi jerawat anda akan ditangani secara tepat dan aman. Cara menghilangkan jerawat batu dengan mendatangi ahlinya ini menghindarkan anda dari spekulasi-spekulasi penyembuhan yang justru bisa menambah parah jerawat anda. Biasanya, dokter akan menyarankan anda untuk mengkonsumsi obat tertentu dengan menggunakan resep.

 

2. Bersihkan wajah secara teratur

Lakukan kebiasaan baru dengan membersihkan wajah secara teratur saat pagi dan sore hari. Jika anda sempat dan menginginkan jerawat anda cepat hilang. Maka anda bisa menggunakan cara menghilangkan jerawat batu dengan membersihkan wajah pada malam hari sebelum tidur menggunakan air hangat. Lakukan seperti mengompres dan pastikan kain yang anda gunakan benar-benar bersih.

 

3. Hindari interaksi langsung dengan sinar matahari

Cara menghilangkan jerawat batu yang sangat mudah, salah satunya adalah dengan menghindarkan wajah anda berinteraksi langsung dengan sinar matahari. Untuk sementara sebisa mungkin lakukan cara ini hingga jerawat batu yang anda alami benar-benar sembuh. Terpaan sinar matahari langsung akan menimbulkan radiasi yang akan memperparah peradangan pada pori-pori kulit anda.

 

4. Hentikan penggunaan kosmetika secara berlebihan

Bagi para perempuan yang memiliki ketergantungan terhadap penggunaan kosmetika, maka anda harus melakukan cara menghilangkan jerawat batu anda dengan meninggalkan kebiasaan menggunakan kosmetika. Biarkan kulit wajah anda bersih dari pengaruh kosmetika hingga jerawat batu yang anda alami hilang. Beberapa kosmetika yang mengandung bahan kimia dapat menyebabkan rusaknya pori-pori kulit wajah sehingga menimbulkan peradangan.

 

5. Beli obat yang direkomendasikan oleh dokter

Jangan sekali-kali anda mencoba salep atau obat tanpa rekomendasi dokter sebagai cara menghilangkan jerawat batu yang anda alami. Pastikan salep atau obat yang anda gunakan benar-benar cocok bagi kulit anda, terdaftar di Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) serta belum kadaluwarsa. Sebaiknya anda berhati-hati jika akan menggunakan obat atau salep sebagai cara menghilangkan jerawat batu yang anda alami.

 

6. Menjalankan pola hidup sehat

Pola hidup sehat sangat mendukung dalam melakukan cara menghilangkan jerawat batu. Beberapa pola hidup sehat misalnya olah raga teratur, mandi secara teratur, makan makanan yang sehat dan tidak banyak mengandung lemak. Jika anda sering berkeringat karena olah raga, maka hal ini dapat membantu mempercepat proses penyembuhan jerawat batu yang anda alami.

 

7. Gunakan bahan alami

Jika anda ingin melakukan cara menghilangkan jerawat batu yang paling aman, anda bisa menggunakan beberapa bahan alami. Bahan alami selain mudah didapat juga harganya sangat terjangkau daripada anda harus mendatangi salon kecantikan. Beberapa bahan alami yang bisa anda gunakan adalah buah pepaya, buah pisang, mentimun, nanas, lidah buaya, buah lemon yang semuanya tadi dapat anda jadikan masker untuk kulit wajah anda secara teratur.

 

Sayangi wajah anda dan hindari berbagai spekulasi mengenai cara menghilangkan jerawat batu. Pastikan langkah yang anda lakukan sebagai cara menghilangkan jerawat batu tepat dan aman bagi wajah anda. Sayangi diri anda, karena kesehatan itu mahal. Semoga info dari Tips Kebugaran ini dapat bermanfaat bagi banyak orang yang mengalami masalah jerawat pada wajahnya. Be Healthy !!

Baca Juga



Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*