Penyebab dan Cara Menghilangkan Biang Keringat Dengan Mudah

Cara Menghilangkan Biang Keringat

Cara Menghilangkan Biang Keringat – Miliaria merupakan sebuah nama latin dari biang keringat, dimana keadaan kulit mengalami gatal-gatal pada bagian yang ruam dan warna kulit kemerahan serta ditambah munculnya bintik-bintik kecil.

Pada saat itu, kulit seperti ditusuk-tusuk hingga seperti ada sengatan. Bagian tubuh yang paling sering mengalami biang keringat antara lain adalah bagian paha, punggung, leher, dada dan wajah.

Walaupun bisa dikatakan biang keringat termasuk salah satu kategori penyakit ringan, akan tetapi penyakit ini dapat menular. Cara penularannya pun tergolong sangat mudah, baik melalui secara kontak fisik maupun melalui udara, salah satunya melalui pakaian dari penderita biang keringat.

 

Penyebab Biang Keringat

Bakteri Staphylococcus epidermidis merupakan penyebab utama biang keringat. Apabila Anda jarang mandi dan seringkali berkeringat dan tidak pernah dibersihkan secepat mungkin bahkan tinggal pada sebuah lingkungan yang kotor, maka kemungkinan besar resiko tertular semakin besar pada bakteri ini.

Kulit akan mengalami iritasi yang disebabkan oleh bakteri staphylococcus epidermidis yang bercampur dengan keringat. Sehingga kulit menjadi terasa lebih gatal, munculnya ruam-ruam dan terlihat melepuh. Walaupun bentuk bintik-bintik terlihat lebih kecil namun akibat iritasi tersebut, rasanya seperti ditusuk-tusuk.

Keringat yang tidak dapat dikeluarkan oleh tubuh karena diproduksi secara berlebihan disebabkan oleh tersumbatnya pada saluran kelenjar keringat. Hal tersebut menjadi salah satu penyebab terjadinya masalah biang keringat.

Biasanya pada musim panas ataupun terlalu lembab, kelenjar keringat yang berlebihan lebih sering muncul. Perlu Anda catat, cuaca dingin sekalipun bisa menjadi kemungkinan munculnya masalah biang keringat. Sehingga perlu Anda waspadai dalam kondisi apapun agar tidak terserang masalah biang keringat.

 

Cara Menghilangkan Biang Keringat

Pertanyaannya adalah gimana sih caranya menghilangkan biang keringat apabila sudah terlanjur menyerang pada kulit ? Jawabannya sangat mudah, Anda tidak perlu melakukan pengobatan secara intim untuk mengatasi masalah biang keringat. Masalah biang keringat dapat hilang dengan sendirinya bahkan bisa dikatakan secara alami. Berikut beberapa cara menghilangkan biang keringat yang bisa Anda lakukan dengan mudah.

  1. Caranya dengan mengurangi dan menghindari cuaca panas secara langsung apalagi terkena paparan sinar matahari hingga mengenai kulit Anda.
  2. Gunakan bahan pakaian yang terbuat dari katun dan usahakan lebih longgar alias tidak sempit sehingga dapat memberikan sirkulasi udara dan meringankan gejala biang keringat yang Anda alami. Apabila cuaca terlalu panas, berteduhlah sebentar untuk menghilangkan ruam kulit yang terkena paparan sinar matahari.
  3. Jagalah kebersihan pada kulit Anda dengan rutin mandi setiap hari, sehingga dapat menjaga kebersihan kulit pada tubuh dan menghilangkan keringat yang diproduksi secara berlebihan.
  4. Mendinginkan tubuh dengan meluangkan waktu selama beberapa menit hingga berjam-jam pada ruangan yang memakai AC. Cara seperti ini biasanya seringkali Anda terapkan untuk tempat ngadem agar kulit tidak terlalu kering dan terjaga kelembabannya.
  5. Gunakan cream lotion yang mengandung calamine pada kulit yang terkena biang keringat sehingga dapat membantu meredakan kulit tidak iritasi.
  6. Gunakan cream yang mengandung bahan hydrocortisone yang sudah dijual secara bebas di apotik. Cream ini dapat meredakan bagian kulit yang terasa perih dan gatal.

 

Itulah beberapa cara menghilangkan biang keringat dengan cepat dan mudah yang bisa Anda terapkan didalam keseharian. Selain 6 hal diatas, Anda juga bisa menjaga asupan makanan agar menghindari efek samping dari memakan makanan yang berbau. Disiplin olahraga serta menjaga istirahat merupakan salah satu kunci agar menghindari efek samping dari biang keringat. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Be Healthy !!

Baca Juga



Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*