6 Cara Menghilangkan Bekas Cacar Air Secara Alami

Cara menghilangkan bekas cacar

Cara Menghilangkan Bekas Cacar – Cacar air, penyakit yang sudah tak asing lagi bagi sebagian besar orang Indonesia. Penyakit ini biasanya lebih sering terjadi pada anak anak, namun terkadang pula penyakit ini dapat ditemukan pada orang dewasa sekalipun. Cacar air sendiri merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus poks, yang mana virus ini dapat menyebar lewat udara atau ketika bersentuhan langsung dengan si penderita. Karena penyakit cacar air merupakan penyakit yang menular, maka disarankan untuk tidak melakukan kontak langsung dengan si penderita apalagi saat daya tahan tubuh anda sedang menurun.

Demam tinggi, serta timbulnya gelembung kulit yang didalamnya terdapat cairan adalah ciri khas penyakit ini. Biasanya gelembung yang timbul akan terasa gatal ataupun nyeri. Karenanya banyak penderita yang tidak tahan sehingga menggaruk-garuk sampai gelembung cacar menjadi pecah. Padahal perlakuan menggaruk cacar sangat tidak dianjurkan, hal ini justru akan membuat air cacar merembes ke area kulit lainnya mengakibatkan munculnya gelembung baru, akibatnya proses penyembuhan menjadi lebih lama. Hal tersebut akan membuat cara menghilangkan bekas cacar yang anda lakukan akan semakin lama pula.

Walaupun cacar air yang diderita sudah sembuh, munculnya bekas luka akibat cacar air seringkali menjadi masalah baru. Apalagi bekas cacar yang muncul berada di area wajah, tentu hal ini sangat mengganggu. Wajah menjadi kurang mulus lagi, disertai munculnya bopeng bekas cacar pada wajah. Bukankah hal ini sangat mengganggu, terutama dalam hal penampilan.  Namun tak perlu risau berlebihan sebab banyak alternatif cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah bekas cacar.

 

Cara Menghilangkan Bekas Cacar Air Secara Alami

Kabar baiknya adalah efek bakas luka yang diakibatkan oleh cacar air masih termasuk dalam kategori bekas luka ringan, sehingga bekas luka ini dapat menghilang dengan sendirinya. Tapi kabar buruknya untuk penyembuhan bekas luka keseluruhan memakan waktu yang relatif lama, bahkan terkadang sampai menghitung bulan. Jika anda sanggup menjalaninya tentu tidak masalah sama sekali namun bagi anda yang sering beraktifitas diluar serta mengedepankan penampilan, maka lain lagi ceritanya. Berikut ulasan dari Tips Kebugaran mengenai cara menghilangkan bekas cacar air secara alami:

 

1. Jagung Muda

Salah satu Warisan nenek moyang dalam cara menghilangkan bekas cacar yaitu menggunakan jagung muda. Jagung muda yang telah dipisahkan dari rambut kemudian dicuci bersih, kemudian diparut baru diterapkan pada bekas luka cacar. Terakhir bilas dengan air.

 

2. Lidah Buaya

Cara menghilangkan bekas cacar berikutnya adalah lidah buaya. Lidah buaya dikenal karena memiliki manfaat yang beragam. Selain berfungsi untuk perawatan rambut, bahan alami ini juga berkhasiat dalam perawatan masalah kulit diantaranya bekas jerawat, ruam kulit bahkan untuk bekas luka sekalipun, salah satunya yaitu bekas cacar. Sediakan daun lidah buaya yang masih segar, Oleskan gel yang dihasilkan lidah buaya pada bekas luka cacar kemudian biarkan sampai terlihat kering. Terakhir bilas dan basug dengan air ketika telah dirasa cukup.

 

3. Madu

Cara menghilangkan bekas cacar yang ketiga adalah dengan menggunakan madu. Sama populernya dengan lidah buaya, madu juga memiliki manfaat lebih daripada hanya sekedar suplemen kesehatan tubuh. Mengatasi berbagai masalah kulit seperti noda hitam jerawat, jaringan bekas parut serta bekas luka cacar air dapat diatasi dengan baik. Sediakan madu, kemudian terapkan pada area kulit yang terdapat bekas cacar, biarkan sampai kering baru membasuhnya dengan air.

 

4. Buah Lemon

Buah lemon juga dapat dijadikan bahan alami dalam cara menghilangkan bekas cacar. Lemon, salah satu buah yang sejak lama digunakan untuk memutihkan serta mencerahkan kulit gelap. Jadi bukan hal yang lumrah lagi kalau lemon juga dapat digunakan sebagai bahan alami dalam mengatasi bekas luka pada kulit, utamanya bekas luka cacar. Caranya masih sederhana yaitu dengan membuat lemon menjadi jus terlebih dahulu, kemudian mengoleskan jus lemon pada area bekas cacar. Tips agar anda bisa mendapatkan lemon dengan kandungan air yang lebih banyak, maka anda bisa merendam jus lemon kedalam air hangat kurang lebih satu jam, sebelum diolah menjadi jus.

 

5. Kacang Hijau

Selain buah lemon, cara menghilangkan bekas cacar juga dapat dilakukan dengan menggunakan kacang hijau. Kandungan Nutrisi pada kacang hijau sangat baik bekerja dalam mengatasi bekas cacar. Diawali dengan merendam kacang hijau kedalam air dingin hingga 8 jam lamanya. Perendaman ini bertujuan untuk melunakkan kacang hijau sebelum ditumbuk. Ketika kacang hijau sudah ditumbuk sebelumnya, maka tambahkan sedikit air lalu aduk hingga berbentuk menjadi cream. Terapkan cream ini pada kulit bekas cacar dan biarkan sampai kering.Terakhir Basuh dengan air.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Kantung Mata Hitam Secara Tradisional

 

6. Air Kelapa

Cara menghilangkan bekas cacar yang terakhir adalah air kelapa. Bukan hanya dagingnya yang memiliki manfaat lebih, air kelapa juga dapat membantu dalam meremajakan kulit, melunturkan sel-sel kulit mati hingga menyamarkan bekas luka. Tak terkecuali untuk mengatasi maupun menyamarkan bekas luka cacar. Air kelapa yang masih segar dapat diambil airnya kemudian membasuh kulit yang terdapat bekas cacar. Biarkan beberapa menit supaya kandungan air kelapa dapat bekerja secara optimal.

 

Penerapan beberapa cara menghilangkan bekas cacar diatas tentu harus dilakukan dengan rutin supaya hasil yang didapatkan juga maksimal.  Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Be Healthy !!

Baca Juga

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*