Cara Mencegah Penyakit Jantung Yang Bisa Di Lakukan Setiap Hari

Cara Mencegah Penyakit Jantung

Cara mencegah penyakit jantung wajib hukumnya untuk di ketahui oleh semua orang yang inginkan hidup sehat tanpa harus khawatir dengan ancaman serangan penyakit jantung. Seperti yang sudah sering di ulas bahwa penyakit jantung merupakan penyebab kematian terbesar setiap tahunnya. Tidak hanya mereka yang sudah tua saja yang bisa terserang, bahkan tak jarang mereka yang masih mudah dan terlihat sehat ternyata juga dapat menjadi korban penyakit jantung.

Karena itulah sebabnya penyakit jantung memang sebaiknya di cegah sebelum terlambat, karena sepertinya jika penyakit jantung sudah terlanjur datang, hanya sedikit sekali yang tidak berujung pada kematian. Ungkapan ini bukan untuk menakut-nakuti Anda, tapi memang seperti itulah faktanya. Pada kesempatan kali ini Tips Kebugaran akan berikan beberapa cara mencegah penyakit jantung di muali dari hal-hal sederhana yang bisa Anda lakukan setiap hari.

 

Cara Mencegah Penyakit Jantung

 

1. Menghindari Pola Hidup Tidak Sehat

Penyakit jantung pada umumnya di picu oleh kebiasaan-kebiasaan hidup yang tidak sehat. Suka merokok dan begadang adalah dua diantara pola hidup tidak sehat pemicu sakit jantung yang paling banyak di lakukan terutama oleh para pria. Oleh karena itulah pencegahan penyakit jantung pada wanita cenderung jauh lebih muda karena pada umumnya hanya sedikit wanita yang memiliki kebiasaan buruk seperti merokok dan begadang, berbeda dengan para pria yang sangat akrab dengan kedua pola hidup tak sehat tersebut.

Menghindari berbagai pola hidup tidak sehat adalah cara mencegah penyakit jantung yang bisa dilakukan tanpa mengeluarkan biaya, yang Anda butuhkan hanyalah niat yang kuat dan kesadaran bahwa kesehatan jauh lebih berharga daripada harus mengikuti hawa nafsu. Cobalah untuk perbaiki pola hidup Anda, berhentilah merokok dan kurangi begadang.

 

2. Mengonsumsi Makanan Sehat

Selain memperbaiki pola hidup, untuk mencegah penyakit jantung Anda juga harus memperbaiki pola makan. Cobalah untuk mulai rutin mengonsumsi makanan yang bagus untuk kesehatan jantung Anda. Kurangi makanan yang bersifat kolesterol dan perbanyak konsumsi serat agar menstabilkan kesehatan tubuh.

Beberapa makanan untuk mencegah penyakit jantung yang sangat di anjurkan untuk di konsumsi secara teratur diantaranya sayuran hijau, buah-buahan, dan kacang-kacangan yang banyak mengandung asam lemak essensial dan omega 3.

 

3. Olahraga

Berolahraga secara teratur merupakan cara mencegah serangan jantung mendadak terbaik. Karena dengan berolahraga peredaran darah menjadi lebih lancar dan kerja jantung menjadi jauh lebih ringan. Jangan berpikir bahwa olahraga untuk mencegah penyakit jantung ini adalah olahraga yang berat-berat. Cukup dengan jalan santai setiap pagi atau jogging satu minggu sekali saja sudah cukup untuk menjaga jantung Anda tetap sehat.

Selain dapat menjaga stabilitas jantung, dengan berolahraga kita bisa mengeluarkan karbon monoksida yang dapat mengganggu kinerja paru-paru. Jadi mulailah untuk berolahraga walaupun hanya sekedar jalan santai.

 

4. Hindari Makanan Pemicu Serangan Jantung

Cara mencegah penyakit jantung yang terakhir adalah dengan mengontrol selera makan Anda. Bagi Anda yang doyan makan, mungkin mulai sekarang Anda harus memperhatikan apa saja yang Anda makan setiap harinya. Karena ternyata ada beberapa jenis makanan yang dilarang untuk penyakit jantung seperti daging olahan, junk food, berbagai makanan instan, kulit ayam, kerang, udang, dan makanan yang mengandung kolesterol tinggi lainnya.

Beberapa jenis makanan di atas bukan berarti tidak boleh di konsumsi sama sekali, Anda tetap boleh mengonsumsinya. Hanya saja porsinya yang tidak boleh terlalu banyak dan juga jangan terlalu sering. Cara mengurangi dampak buruk sehabis memakan makanan seperti di atas bisa dilakukan dengan cara mengimbanginya dengan konsumsi buah dan sayur. Atau yang jauh lebih ampuh lagi adalah dengan rajin berolahraga.

 

Nah begitulah ulasan kita kali ini tentang cara mencegah penyakit jantung yang bisa diterapkan pada keseharian kita. Dengan menerapkan tips diatas, maka dapat di pastikan bahwa Anda telah menjaga kesehatan jantung dengan benar dan tepat. Semoga setelah membaca artikel ini Anda dapat memulai kehidupan yang baik demi menjaga kesehatan tubuh terutama jantung. Selamat mencoba. Be Healthy !!

Baca Juga

1 Trackback / Pingback

  1. Macam-macam Penyakit Jantung Yang Harus Anda Ketahui - Tips Kebugaran

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*