14 Cara Mencegah Kanker Payudara Dengan Alami dan Sehat

Cara Mencegah Kanker Payudara

Cara mencegah kanker payudara dengan alami bisa dilakukan dengan bawang putih, brokoli, anggur, wheatgrass, teh hijau, lignan, kedelai, vitamin D, kalsium, dan diet seimbang. Kanker payudara mengacu pada pertumbuhan jaringan payudara yang ganas. Ini bisa dikategorikan sebagai duktal, lobular, atau inflamasi berdasarkan tempat asalnya. Hal ini dapat disebabkan karena konsumsi minuman beralkohol, terapi radiasi pada payudara, anak pertama lahir di usia tua, usia tua, asupan progesteron atau estrogen, dan sejumlah faktor kesehatan dan kebiasaan perilaku lainnya yang tidak ditentukan.

 

Gejala Kanker Payudara

Kanker payudara dapat dideteksi dengan beberapa gejala awal, beberapa di antaranya termasuk pelepasan rutin dari puting susu dan puting susu menjadi bengkak. Beberapa cara mencegah kanker payudara dapat diketahui, tapi belum tentu untuk penyembuhan kanker payudara, melainkan hanya untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau membunuh jaringan kanker sampai batas tertentu. Tetap saja, gaya hidup dan kebiasaan makan yang tepat direkomendasikan untuk peningkatan umur panjang dan tingkat kelangsungan hidup pasien kanker payudara.

Kanker Payudara

Harap dicatat bahwa, cara mencegah kanker payudara yang dijelaskan kali ini bukan untuk mengobati penyakit ini sepenuhnya, namun untuk mengurangi aspek negatifnya sampai tingkat tertentu. Kanker payudara, seperti namanya, adalah pertumbuhan jaringan payudara yang ganas di dalam payudara. Proliferasi sel yang tidak terkontrol akhirnya dapat menyebabkan kematian individu jika menjadi metastasis atau jika tidak dikeluarkan melalui operasi. Payudara terdiri dari beberapa lobus dan saluran. Lobus berfungsi dalam produksi susu, yang dibawa melalui saluran ke puting susu. Kanker payudara dipisahkan menjadi 3 jenis. Ini adalah duktal, lobular atau inflamasi. Ductal berasal dari saluran, sementara lobular dimulai di lobus. Kanker payudara inflamasi mengacu pada payudara yang membengkak, hangat dan merah. Dari ketiganya, kanker payudara duktal adalah yang paling umum.

Menurut National Cancer Institute, faktor penyebab kanker payudara berupa:

  • Usia tua
  • Pertama kali melahirkan di usia tua
  • Keturunan
  • Prior breast treatment dengan terapi radiasi
  • Konsumsi minuman beralkohol
  • Intake hormon progesteron dan estrogen

Kanker payudara ditandai dengan gejala berikut:

  • Blok di daerah ketiak atau di dekat payudara
  • Increased discharge dari payudara
  • Nipples menjadi terbalik
  • Bentuk tekstur atau morfologi payudara seperti skaliness, ketidakrataan, pembengkakan, atau pengurangan ukuran
  • Panas memancar dari payudara
  • Sakit tidak terasa bahkan saat tekanan diterapkan

 

Pencegahan Kanker Payudara

Penelitian terbaru memberikan informasi tentang bahan kimia ‘prioritas tinggi’ yang dapat menyebabkan kanker payudara pada wanita. Meski belum bisa disembuhkan, kanker payudara bisa dicegah dengan tindakan pencegahan tertentu dan gaya hidup seimbang. Setelah diinduksi, tidak bisa dihentikan, tapi dengan mengonsumsi makanan bergizi sehat yang dirancang untuk pasien kanker, seseorang dapat menangkal masuknya patogen dan mengaktifkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan sel kanker. Penelitian yang dipublikasikan di Journal of American College of Nutrition mencantumkan makanan yang harus dihindari untuk mengurangi risiko kanker. Perencanaan diet tambahan harus diikuti saat pasien menjalani terapi kimia atau radiasi yang cenderung menunjukkan berbagai efek samping seperti rambut rontok dan mual.

 

Cara Mencegah Kanker Payudara Dengan Alami

Beberapa pengobatan alami untuk kanker payudara dijelaskan lebih lanjut di bawah ini.

1. Bawang putih

Sudah diketahui bahwa bawang putih memiliki khasiat antibiotik tertentu yang bisa digunakan untuk menyingkirkan berbagai zat infeksi seperti bakteri, ragi, dan jamur. Menurut Pusat Nasional untuk Pengobatan Komplementer dan Alternatif (NCCAM), adanya senyawa alkil sulfur menjadikannya sebagai agen anti-kanker yang sangat baik. Ia melakukannya dengan menyebabkan sel-sel ganas menjalani kematian sel alami, juga dikenal sebagai apoptosis. Ini juga memainkan peran penting dalam mengaktifkan sel kekebalan tubuh melawan sel kanker. Selalu lebih baik mengonsumsi bawang putih dalam bentuk mentah seperti minyak, siung atau bubuk, dari pada mengonsumsinya dalam bentuk yang dimasak.

2. Brokoli

Cara mencegah kanker payudara yang berikutnya menggunakan tumbuhan brokoli. Brokoli mengandung gen linamarase yang bila ada di dalam sel kanker dapat pecah menjadi sianida dan secara efektif membunuh sel tumor.

3. Anggur

Anggur mengandung senyawa yang disebut proanthocyanidins yang mengurangi produksi estrogen tubuh. Hal ini menyebabkan pengobatan kanker payudara yang efektif, seperti yang terlihat dari uji klinis yang dilakukan pada beberapa pasien kanker payudara. Studi tersebut menunjukkan bahwa ekstrak buah anggur mempengaruhi tumor kanker payudara yang sensitif hormon. Obat yang disebut doksorubisin juga ditemukan untuk meningkatkan aktivitas anti-tumornya dengan mengonsumsi jus anggur atau ekstrak setiap hari sebagai pengobatan tambahan.

4. Wheatgrass

Rumput gandum yang dipuji secara luas diketahui bermanfaat bagi pasien kanker. Wheatgrass atau rumput gandum, bila dikonsumsi dalam bentuk jus atau mentah terbukti dapat menurunkan pertumbuhan sel kanker seperti yang ditunjukkan oleh Memorial Sloan-Kettering Cancer Center. Ini memiliki kemampuan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan membantu tubuh Anda mengeluarkan racun dan produk limbah.

5. Teh Hijau

Cara mencegah kanker payudara selanjutnya adalah rutin mengonsumsi teh hijau. Siapkan teh hijau herbal dengan merebus sejumlah daun teh dalam segelas air hingga menyusut sampai setengahnya. Ini memiliki sifat anti-inflamasi dan sangat efektif melawan pembentukan kanker payudara.

6. Lignan

Lignan hadir dalam biji bunga matahari, kacang mete, stroberi, biji rami, dan kacang tanah. Senyawa ini mencegah tumor yang bergantung pada estrogen dengan memperlambat laju pertumbuhan dan perkembangannya. Salah satu item ini dapat digabungkan dalam daftar makanan sehari-hari dan harus digunakan sesering mungkin.

7. Vitamin D

Asupan vitamin D telah dikaitkan dengan risiko kanker payudara yang lebih rendah. Ini bisa ditemukan di susu, telur, dan minyak ikan cod, tapi tidak dalam keju dan yoghurt .

8. Olahraga

Penelitian menunjukkan bahwa berolahraga satu jam sehari mengurangi risiko tertular kanker payudara pada wanita dari segala usia dan berat badan. Penelitian juga menunjukkan bahwa aktivitas fisik dan diet sehat dapat membantu mengurangi risiko kanker.

9. Diet rendah kalori

Selain berolahraga, cara mencegah kanker payudara juga dapat dilakukan dengan menjalankan diet rendah kalori. Penelitian menunjukkan bahwa diet rendah kalori dapat memperlambat penyebaran kanker payudara.

10. Kedelai

Ini adalah salah satu unsur diet yang diketahui yang dianggap mutlak bagi penderita kanker payudara. Menurut MD Anderson Cancer Center, kedelai mengandung fitoestrogen dan beberapa entitas lain yang menghalangi sel kanker menggunakan estrogen. Ini juga mengandung isoflavon yang dibutuhkan untuk pencegahan kanker pada tahap awal. Ini bisa diambil baik sebagai kecambah atau sebagai sayuran yang dimasak.

11. Minyak Zaitun

Minyak zaitun dikenal karena manfaat kesehatannya. Hal ini juga mengurangi risiko kanker. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa hydroxytyrosol, komponen utama minyak zaitun dapat membantu mencegah kanker payudara pada wanita pascamenopause.

Baca Juga :

12. Kalsium

Penting untuk mengonsumsi kalsium, terutama pada masa pra-menopause bagi wanita. Telah terbukti dapat mengurangi risiko kanker payudara dalam sejumlah penelitian yang berbeda. Makanan yang kaya kalsium adalah salmon kaleng, jus jeruk, kacang almond dan sayuran hijau.

13. Diet sehat

Menurut sebuah penelitian baru-baru ini, asupan protein nabati, lemak nabati, serat makanan, dan kacang-kacangan selama masa remaja dapat membantu mengurangi risiko kanker payudara. Adalah baik untuk memiliki mentimun, wortel, pisang, jagung, bayam, kacang polong dan lentil untuk pasien yang menderita kanker. Ini bisa dikonsumsi dalam sup. Lentil juga bisa dimakan seperti kecambah karena kaya akan protein.

14. Diet daging

Cara mencegah kanker payudara yang terakhir adalah dengan melakukan diet daging yang banyak mengandung lemak jenuh. Disarankan untuk mengurangi hot dog, daging sapi, domba dan babi, karena mengandung sejumlah lemak jenuh yang tinggi. Membatasi konsumsi dari jenis daging merah ini akan mengurangi risiko kanker prostat dan usus besar.

 

Nah itulah 14 cara mencegah kanker payudara dengan baik dan menyehatkan. Cara pengobatan untuk kanker payudara yang disebutkan di sini harus didiskusikan dengan spesialis atau dokter Anda. Tips Kebugaran tidak bertanggung jawab atas masalah yang timbul karena kelalaian yang diadopsi oleh pengunjung atau pembacanya. Semoga bermanfaat. Be Healthy !!

Baca Juga

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*