Cara Cepat Menyembuhkan Luka Kecelakaan

Cara cepat menyembuhkan luka kecelakaan

  Sebagian besar orang pasti pernah mengalami luka pada anggota tubuh. Penyebabnya sangat beragam, bisa karena benda tajam maupun luka yang terjadi karena kecelakaan kendaraan bermotor yang berpotensi melukai kulit. Luka biasanya terjadi tanpa disengaja, tanpa disadari bahkan tanpa diprediksi sebelumnya. Oleh karena itu resiko mengalami luka bisa terjadi kapanpun dan dimanapun termasuk pada saat kita berkendara. Hampir setiap orang akan mengalami Luka, walau demikian tidak semua orang yang mengalami luka tersebut dapat mengatasi luka mereka dengan baik sehingga bukanya sembuh, malah bertambah parah. Dengan Cara cepat menyembuhkan luka kecelakaan yang baik dan benar, maka proses penyembuhan pun akan semakin optimal. Luka yang didapat juga akan cepat kering dan segera membaik seperti semula.

Nah, apabila anda memiliki luka akibat berkendaraan yang salah dan tak kunjung sembuh atau sedang dalam proses penyembuhan luka, tidak ada salahnya mencoba 9 Cara Cepat Menyembuhkan Luka Kecelakaan dari Tips Kebugaran berikut ini :

 

Cara Cepat Menyembuhkan Luka Kecelakaan

 

1. Tetap Perhatikan kebersihan Luka

Cara cepat menyembuhkan luka kecelakaan yang pertama adalah perhatikan kebersihan luka. Ketika baru saja terluka, sebaiknya darah yang muncul  dibersihkan dengan menggunkan kapas yang agak basah. Pembersihan dilakukan untuk menghilangkan sisa sisa debu maupun benda benda kecil yang hinggap pada luka. Apalagi jika luka terjadi akibat goresan benda berkarat, tentu ini sangat butuh dibersihkan dengan baik, agar nantinya karat tidak mengendap sampai sampai tinggal di dalam kulit.

 

2. Hindari luka dari terkena air

Cara cepat menyembuhkan luka kecelakaan yang kedua adalah hindari dari terkena air. Air yang mengenai luka akan memberi efek buruk terhadap luka itu sendiri. Apalagi ketika luka masih baru lalu terkena air maka ditakutkan akan membuat luka menjadi lembab,  sehingga mengakibatkan luka membutuhkan waktu lebih lama untuk kering. Rasa perih juga bisa timbul ketika luka terkena air, bahkan jika terlalu sering  terkena air,luka akan dikhawatirkan menjadi lembek serta mengeluarkan cairan.

 

3. Menutupi jahitan luka

Cara cepat menyembuhkan luka kecelakaan yang ketiga adalah menutupi jahitan luka agar terhindar dari debu dan bakteri lainnya. Bagi anda yang mengalami luka jahitan, maka sebaiknya menjaga selalu agar jahitan luka senantiasa tertutup. Ketika anda membiarkan luka terbuka atau tanpa menyadarinya terbuka, maka kemungkinan kuman akan sangat mudah masuk kedalam luka. Salah satu tempat yang memiliki banyak kuman yaitu kamar mandi . Selain dapat menybabkan luka terkena air, luka pun dapat dengan mudah dihinggapi kuman ketika masuk kekamar mandi.  Menjaga jahitan luka agar tetap tertutup selama proses penyembuhan akan sangat membantu dalam peyembuhan luka yang lebih cepat.

 

4. Sesekali buka perban luka 

Selain menutupi luka, cara cepat menyembuhkan luka kecelakaan adalah dengan sesekali membuka perban luka. Memberi cahaya pada luka juga perlu dilakukan sesekali untuk membantu luka agar cepat kering. Luka dapat dibuka kemudian di berikan cahaya, namun selalu perhatikan tempat membukanya, jangan sampai membuka luka pada tempat yang kurang mendukung, seperti kotor dan berdebu.

 

5. Minimalisir penggunaan plester luka

Cara cepat menyembuhkan luka kecelakaan berikutnya adalah mengurangi pemakaian plester luka. Memakai plester ketika terluka adalah salah satu cara yang mudah untuk dilakukan. Plester luka biasanya sering dikenakan remaja yang memiliki luka pada area kulit yang terlihat yang membuat mereka kurang percaya diri dengan luka yang ada. Penggunaan plester memang baik, bahkan beberapa plester disuguhi gambar menarik yang menambah kesan lucu untuk dikenakan remaja.

Namun, dalam penggunaan plester luka harus secara bijak. Jangan menggunakan plester luka sampai berhari hari bahkan kadang lupa melepasnya. Plester yang menempel berhari hari dapat dipastikan  plester tersebut telah kotor, selain itu plester yang melekat lama juga akan mengakibatkan kulit menjadi pucat akibat kurang mendapat cahaya dari matahari.

 

6. Hindari dari sentuhan tangan

Cara cepat menyembuhkan luka kecelakaan yang keenam adalah hindari luka dari sentuhan tangan anda. Tidak jarang biasanya luka akan terasa begitu gatal sehingga muncul hasrat yang kuat untuk menggaruk luka. Padahal menggaruk luka sangat beresiko menyebabkan luka menjadi lebih dalam, bahkan kuman yang berada pada tangan yang digunakan untuk menggaruk bisa saja mengakibtakan infeksi yang berlanjut pada luka.

 

7.  Gunakan ramuan herbal

Cara cepat menyembuhkan luka kecelakaan juga dapet dilakukan dengan menggunakan ramuan herbal. Salep luka dapat diberikan pada luka yang baru begitu saja, namun sebelum anda mengoleskan salep yang berbahan kimia pada luka anda, ada baiknya mencoba bahan olesan luka yang alami dan tradisional misalnya kunyit, dan berbagai dedaunan yang telah terbukti dapat mengeringkan luka dengan cepat.

 

8. Hentikan penggunaan salep jika tidak membaik

Cara cepat menyembuhkan luka kecelakaan selanjutnya adalah hentikan pemakaian salep dokter jika luka tidak membaik. Menggunakan salep kimia adalah salah satu cara yang banyak dilakukan orang ketika mengalami luka. Supaya bisa mendapatkan hasil yang maksimal maka gunakan salep sesuai dengan petunjuk maupun dosis yang tertera pada kemasan. Pemilihan salep, juga harus diperhatikan dengan cermat, jangan sampai memilih salep yang salah. Apabila penggunaan salep telah dilakukan dalam jangka waktu yang lama namun tidak memberi efek perubahan maka berhenti menggunakan salep adalah langkah yang baik.

Baca Juga : 6 Cara Merawat Luka Jahitan Agar Cepat Sembuh

 

9. Hubungi dokter jika luka tak kunjung sembuh

Cara cepat menyembuhkan luka kecelakaan yang terakhir adalah mengunjungi dokter jika luka tak kunjung sembuh. Luka yang dirawat dengan baik akan sembuh dari hari kehari. Namun apabila luka anda tidak kunjung sembuh, bahkan malah menjadi semakin parah dari hari sebelumnya, ada baiknya segera menghubungi dokter. Langkah ini sangat diperlukan agar luka mendapatkan perawatan yang optimal, yang bisa mencegah luka dari kemungkinan resiko yang paling buruk.

 

Dengan 9 Cara Cepat Menyembuhkan Luka Kecelakaan diatas, tentu menambah wawasan anda dalam menangani luka hingga dikemudian hari. Jadi ketika luka terjadi, paling tidak anda sudah tahu beberapa hal yang dapat dilakukan untuk membantu proses penyembuhan luka menjadi lebih cepat. Semoga bermanfaat. Be Healthy !!

Baca Juga



Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*