4 Bahaya Memakai MakeUp Saat Olahraga

Bahaya memakai makeup

  Wanita manapun tentu ingin selalu tampil cantik kemanapun ia pergi. Cara agar tampil cantik yang dilakukan wanita umumnya dengan menggunakan make up sebagai riasan wajah sehari-hari. Sebagian besar wanita merasa, make up sudah menjadi kebutuhan pokok baginya, sehingga mau pergi kemanapun rasanya kurang lengkap apabila wajah belum diberi riasan make up. Tanpa make up serasa ada sesuatu yang kurang, sehingga dapat memberi efek turunnya rasa percaya diri. Dibalik itu semua, ada beberapa bahaya memakai makeup pada saat-saat tertentu, seperti saat berolahraga ataupun melakukan aktivitas outbond lainnya.

Menggunakan make up agar senantiasa tampil cantik adalah hal yang wajar dan sah-sah saja, selama bijak dalam penggunaanya. Namun dalam beberapa kasus, bahaya memakai makeup dapat terjadi karena kesalahan kita sendiri. Make up yang dipakai pada saat beraktivitas yang dapat mengeluarkan keringat, malah menjadi masalah bagi kesehatan diri kita. Maka dari itu pemakaian make up haruslah dilakukan dengan bijak.

Besar kemungkinan, wanita masih ada yang sering menggunakan make up walau saat berolahraga sekalipun. Apalagi olahraganya ditempat umum, tanpa make up tentu kepercayaan diri bisa saja memudar berubah menjadi minder. Walau demikian, penggunaan make up saat berolahraga justru dapat membahayakan.

Mau tau bahaya memakai makeup yang bisa ditimbulkan ketika berolahraga ? Simak penjelasannya berikut ini :

 

4 Bahaya Memakai MakeUp Saat Olahraga

 

1. Jerawat Dan Komedo

Jerawat Dan Komedo - Bahaya memakai makeup

Bahaya memakai makeup yang pertama adalah menimbulkan jerawat dan komedo. Siapapun wanita itu, sudah pasti tidak ada yang mau memiliki komedo atau jerawat, yang kemunculanya sering mengganggu penampilan wajah. Nah, tahukah anda kalau menggunakan make up saat berolahraga justru bisa menjadi pemicu munculnya jerawat dan komedo yang paling berpotensi. Mengapa bisa demikian? Penjelasanya cukup jelas, yaitu ketika siapa saja berolahraga tentu akan mengeluarkan banyak keringat. Keringat yang keluar tentu melalui pori pori kulit, sementara pori pori tertutup oleh make up yang dipakai. Hasilnya sudah dapat dipastikan, keringat tersebut tentu tidak dapat keluar dengan lancar sehingga terjebak dan tinggal dalam pori pori. Parahnya lagi, keringat yang terjebak akan tercampur dengan zat kimia yang ada pada make up.

Dengan kondisi demikian, akan bekembang menjadi komedo maupun jerawat. Tentu sangat disayangkan bukan. Komedo serta jerawat muncul hanya karena tidak percaya diri tanpa menggenakan make up saat berolahraga.

 

2. Bintil Putih Di Area Mata (Milia)

Milia - Bahaya memakai makeup

Ketika tetap ngeyel menggunakan make up walau saat berolahraga, bukan hanya komedo dan jerawat saja yang berpotensi muncul pada wajah. Penggunaan make up ketika berolahraga akan memunculkan bintil-bintil putih pada daerah seputar mata yang biasa dikenal dengan sebutan milia. Sama halnya dengan jerawat. Bintil bintil (milia) tersebut muncul disebabkan oleh pori pori yang tertutup oleh eye shadow pada mata, akibatnya keringat pun tidak dapat keluar dengan lancar.

 

3. Iritasi Mata

Iritasi Mata - Bahaya memakai makeup

Selain milia, bahaya memakai makeup yang disebabkan oleh eye shadow adalah iritasi mata. Ketika berolah raga dapat dipastikan akan menghasilkan keringat dalam jumlah yang banyak. Nah, keringat yang mucul saat berolahraga, tentu saja dapat melunturkan make up. Salah satu make up yang beresiko mengiritasi mata yaitu penggunaan eye shadow, yang bisa saja luntur akibat keringat yang mengalir, kemudian masuk kedalam mata.

Mungkin efek singkat yang diakibatkan hanya terlihat kemerahan, ditambah sedikit rasa pedih. Namun ketika hal ini terjadi dalam jangka waktu yang lama dan sering, tentu bisa saja menyebabkan iritasi pada mata bahkan kerusakan mata yang parah sangat berpotensi untuk dialami. Sebab pada make up eye shadow memiliki kandungan bahan kimia, nah apabila masuk ke dalam mata, sudah pasti berbahaya.

 

4. Peradangan Kulit

Peradangan Kulit - Bahaya memakai makeup

Bahaya memakai makeup yang terakhir dan menjadi masalah serius adalah peradangan kulit. Peradangan sekalipun dapat terjadi diakibatkan oleh penggunaan make up ketika berolahraga. Ketika memiliki luka dan berolahraga dengan menggunakan make up, maka luka yang dimiliki akan beresiko mengalami peradangan yang diakibatkan masuknya zat kimia dari make up yang dibawa oleh keringat. Apalagi ketika memiliki jerawat pada wajah, maka peradangan ini sangat cepat terjadi karena make up yang luntur mengenai luka yang diakibatkan jerawat. Selain itu masalah lain yang bisa timbul adalah iritasi bagi wanita dengan kondisi kulit yang sensitif.

Baca Juga : 4 Cara Menghilangkan Panu Secara Alami

Sebaiknya tidak menggunakan make up ketika berolahraga sebab akan menguras keringat yang cukup banyak, sehingga dapat dipastikan make up akan menjadi luntur. Bukanya malah cantik, justru wajah akan tampil tidak karuan, ketika make up nya luntur. Seperti pada bagian mata yang menjadi hitam diakibatkan oleh maskara yang luntur, tentu aneh dilihat. Sama halnya dengan penggunaan blush on tentu tidak begitu diperlukan. Bahkan ketika berolahraga, maka wajah dapat menjadi merah merona secara alami. Untuk itu, bagi anda yang tidak ingin efek buruk diatas terjadi pada anda, sangat dianjurkan untuk menghapus make up sebelum melakukan olah raga.

 

Nah, itulah artikel dari Tips Kebugaran yang membahas mengenai 4 bahaya memakai makeup saat olahraga. Semoga bermanfaat dan dapat dilakukan di dalam keseharian anda. Jangan sampai hal yang menurut anda bagus malah menjadi sesuatu yang dapat memalukan diri anda sendiri. Be Smart and Healthy !!

Baca Juga

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*