6 Dampak Bahaya Bekerja Pada Malam Hari Bagi Tubuh Anda

Bahaya bekerja pada malam hari

  Tuhan menciptakan yang ada di dunia ini secara berpasang-pasangan ada siang ada malam. Normalnya siang merupakan waktu yang baik untuk bekerja atau melakukan aktivitas dan malam hari waktu yang tepat untuk istirahat. Namun terkadang tuntutan pekerjaan memaksa kita untuk melakukan pekerjaan sampai malam hari atau bahkan ada juga beberapa perusahaan yang memang mempunyai peraturan untuk bekerja dimalam hari atau sering dikenal dengan shif malam. Menurut  pakar kesehatan sebenarnya bahaya bekerja pada malam hari bagi tubuh sangat tidak bagus dan resiko terjangkit penyakit lebih besar dibandingkan orang yang bekerja di siang hari.

Selain mudah terjangkit penyakit, bekerja pada malam hari akan menyebabkan gangguan tidur, sulit untuk berolahraga,junk food,merusak ritme biologis tubuh, menganggu ritme sirkadian tubuh, metabolisme tubuh, dan keseimbangan hormonal. Serta tidak hanya itu saja orang yang sering kerja malam menurut para ahli juga akan mudah terserang penyakit yang berbahaya. Berikut ini beberapa Dampak Bahaya Bekerja Pada Malam Hari Bagi Tubuh Anda.

 

1. Masalah Kesuburan dan Kehamilan

masalah-kesuburan-dan-kehamilan

Bagi wanita yang sering bekerja malam lebih rentan terkena masalah kesuburan dan kehamilan,hal ini dikemukakan setelah di lakukan penelitian terhadap seorang pramugari yang bekerja shif malam lebih beresiko mengalami keguguran. Selain rentan dengan keguguran bekerja di malam hari juga meningkatkan resiko bayi prematur, komplikasi kelahiran serta menurunnya berat badan bayi.

 

2. Obesitas

Obesitas

Bagi wanita salah satu pelampiasan saat mereka stres harus lembur yaitu dengan makan cemilan, ya memang jika berbibacara dengan kerja lembur pasti akrab dengan tekanan dan kecemasan hal ini lah salah satu yang membuat stres saat lembur kerja.Dan ingin menghilangkan stres saat lembur tidak sedikit wanita yang memakan cemilan secara berlebihan tanpa menghiraukan nilai gizi yang ada di dalam cemelin tersebut hal ini lah yang memicu obesitas pada tubuh.

 

3. Masalah Gastrointestinal Serius

Masalah Gastrointestinal Serius

Menurut penelitan orang yang sering bekerja malam lebih beresiko terkena masalah pencernaan misalkan gangguan diare, maag kronis, mual dan sambelit. Dan ada juga pekerja malam yang terkena sindrom iritasi usus besar

 

4. Kanker Payudara

Kanker Payudara

Orang yang bekerja dimalam hari lebih cenderung menekan produksi hormon melatonin,seperti yang kita ketahui bersama melatonin merupakan hormon yang mengatur pola tidur dan membantu menekan tumor. Dan dari hasil berbagai penelitian bahwa tingkat hormon melatonin yang rendah bisa menyebabkan meningkatnya pertumbuhan tumor.

 

5. Gangguan Mood dan Depresi

Gangguan Mood dan Depresi

Dari hasil studi yang dilakukan tahun 2007 orang yang bekerja di malam hari lebih gampang menderita gejala gangguan suasana hati (mood) dan menderita gejala depresi. Hal ini disebabkan karena gejolak hati yang kurang menerima untuk bekerja malam. Jika mau di survey pasti kebanyakan orang memilih bekerja di siang hari dari pada bekerja dimalam hari

Baca Juga : 5 Bahaya Kipas Angin Saat Tidur Malam Hari

 

6. Diabetes, Kardiovaskular dan Sindrom Metabolik

Diabetes, Kardiovaskular dan Sindrom Metabolik

Orang yang bekerja lembur sampai malam hari lebih beresiko terkena penyakit jantung. Adapun study yang mengatakan bahwa orang yang bekerja lembur sampai malam hari juga mudah terjangkit penyakit diabetes. Selain mudah terkena penyakit diabetes dan penyakit jantung kerja di malam hari juga dapat menimbulkan sindrom metabolik.

 

Sekian artikel tentang Dampak Bahaya Bekerja Pada Malam Hari Bagi Tubuh Anda. Agar anda tercegah dari beberapa penyakit berbahaya diatas, sebaiknya rubah kebiasaan buruk anda dengan cara bekerja disiang hari dan istirahat cukup dimalam hari. Namun jika pekerjaan yang menuntut anda untuk bekerja dimalam hari, minumlah suplement dan berolahraga secara teratur agar tubuh tetap dalam kondisi prima. Sekian dan Terimakasih

Baca Juga

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. 5 Bahaya Kipas Angin Saat Tidur Malam Hari - Tips Kebugaran
  2. Cara Mencegah Penyakit Jantung Yang Bisa Di Lakukan Setiap Hari - Tips Kebugaran

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*