Akibat Merokok Saat Remaja Menaikkan Resiko Serangan Jantung

Akibat merokok

Akibat Merokok – Terjadinya serangan jantung memang masih menjadi suatu penyakit yang paling mematikan nomor satu di dunia. Resiko serangan jantung itu sendiri memang bisa menyerang siapa saja, kapan saja dan bahkan dimana saja. Untuk sampai saat ini, ada banyak para penderita sakit jantung yang meninggal dunia karena mengalami serangan jantung. Berbicara mengenai serangan jantung, perlu diketahui bahwa akibat merokok saat remaja dapat menaikkan resiko terjadinya serangan jantung lebih tinggi. Walaupun sebenarnya serangan jantung juga menjadi salah  satu penyakit yang bisa terjadi karena berbagai  macam hal.

Resiko serangan jantung memang bisa terjadi karena pola hidup yang dijalankan tidak sehat. Seperti halnya mengkonsumsi makanan siap saji yang terlalu sering, kurangnya aktivitas olahraga, kebiasaan duduk terlalu lama dan yang paling sering adalah karena kebiasaan buruk seseorang merokok dan mengkonsumsi minuman beralkohol. Untuk efek akibat merokok dan mengkonsumsi minuman beralkohol bagi jantung memang lebih tinggi. Selain itu juga dapat menjadi penyebab meningkatnya resiko terhadap kanker, stroke, kerusakan hati, mengalami tekanan darah tinggi dan bahkan dapat menyebabkan pecahnya pembuluh darah dalam otak.

 

Penelitian dari akibat merokok

Penelitian dari akibat merokok

Menurut para peneliti mengungkapkan, bahwa kebiasaan merokok memang sangat berbahaya untuk mereka yang perokok aktif dan pasif. Selain itu penelitian juga mengungkapkan bahwa, bahaya kebiasaan merokok akan lebih besar apabila kebiasaan tersebut dilakukan sejak usia muda atau remaja. Melihat dari hasil penelitian yang dilakukan di Northern General Hospital di  Inggris mengatakan, bahwa akibat merokok bagi para remaja memiliki  8 kali lebih tinggi terjadinya serangan jantung dari orang yang tidak merokok.

Menurut Profesor Ever D Grech dari Northern General Hospital mengungkapkan bahwa “remaja yang memiliki kebiasaan buruk merokok memang beresiko terhadap serangan jantung dan berbagai macam penyakit berbahaya lainnya. Dan mereka yang sudah merokok sejak usia muda atau remaja juga memiliki resiko terhadap serangan jantung 8 kali lebih tinggi dari orang yang tidak merokok. Selain itu  orang-orang tersebut juga beresiko menderita berbagai macam penyakit berbahaya dan mematikan pada usia lanjut.”

Pada sebuah situs yang membahas tentang rokok mengatakan bahwa, rokok dapat menimbulkan bahaya yang sangat menggangu kesehatan. Rokok mengandung 4000 racun antara lain adalah nikotin yang berisi zat adiktif  dan tar yang mengandung zat karsinogenik. Mengenai jutipan pada sampul rokok yang mengatakan “rokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, hipotensi dan gangguan kehamilan dan janin”. Hal ini disebabkan dari racun dan zat karsinogenik yang muncul dari hasil pembakaran tembakau itu sendiri.

 

Penyakit yang ditimbulkan dari akibat merokok

Penyakit yang ditimbulkan dari akibat merokok

Dari hasil penelitian tersebut dikemukakan bahwa orang-orang yang pernah memiliki kebiasaan merokok dari usia 10-11 tahun, memiliki kemungkinan besar akan mendapatkan resiko penyakit arteri koroner sampai dua kali lipat. Resiko tersebut memang tidak hanya berlaku pada perokok aktif saja, namun resiko ini juga berlaku terhadap para perokok pasif yang sama bahayanya.

Efek buruk asap rokok terhadap perokok pasif, dapat meningkatkan terkena kanker paru-paru sebanyak 25%. Asap rokok yang dihirup dapat menempel pada dinding pembuluh darah, sehingga membuat darah gampang menggumpal. Akibatnya akan beresiko pada terkena stroke hingga serangan jantung. Hal tersebut dapat menyebabkan perokok pasif lebih berbahaya daripada perokok aktif.

Bukan hanya itu, penelitian yang dilakukan oleh American Jurnal of Public Health memberikan hasil yang cukup menggemparkan yaitu setiap tahun terdapat 42.000 perokok pasif meninggal dunia. Dari jumlah korban tersebut, 900 orang diantaranya adalah bayi.

Akibat merokok juga menyebabkan osteoporosis, kerontokan rambut, pendengaran berkurang serta berbagai macam jenis kanker. Mengingat dari banyaknya efek buruk yang dihasilkan dari rokok ini, sebaiknya untuk lebih bijak dalam menjaga kesehatan tubuh demi masa depan yang cerah. Di Amerika, penyebab terbesar kematian justru diakibatkan dari kebiasaan mengkonsumsi zat adiktif ini. Tiga jenis penyakit tertinggi yang dapat menyebabkan kematian dari dampak merokok adalah penyakit jantung iskemik, penyakit paru obstruktif menahun dan kanker paru-paru.

Baca Juga : 4 Kiat Ampuh Berhenti Dari Merokok

 

Itulah beberapa informasi mengenai akibat merokok saat remaja yang dapat menaikkan resiko serangan jantung. Mengingat akan bahaya yang ditimbulkan dari rokok,  sebaiknya pastikan untuk menghentikan kebiasaan buruk merokok kamu atau bahkan menghindarinya. Memiliki tubuh yang sehat tentunya bisa dimulai dari diri sendiri. Semoga bermanfaat. Be Healthy !!

Baca Juga



Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*