Penjelasan Tentang Aerial Flow Yoga Beserta Manfaat dan Gerakannya

Aerial Flow Yoga

Berbeda dengan yoga pada umumnya, Aerial Flow Yoga melakukan gerakannya di udara dengan melawan gaya gravitasi bumi. Jenis yoga ini sedang popular serta menjadi tren sehingga banyak orang yang mencoba melakukannya. Yoga adalah salah satu olahraga yang tengah populer belakangan ini. Banyak orang memilih berlatih yoga untuk menjaga tubuh selalu bugar serta membantu menurunkan berat badan. Kini, yoga mempunyai beragam jenis seperti vinyasa yoga, acroyoga, hatha yoga, serta Aerial Flow Yoga. Menurut seorang sports medicine specialist, yoga jenis ini yang sengaja melawan gaya gravitasi bumi bisa dibantu dengan menggunakan kain kuat atau kain hammock yang digantung dilangit-langit.

 

Apa itu Aerial Flow Yoga

Apa itu Aerial Flow Yoga

Ini yang membuatnya berbeda dengan yoga lainnya yang biasanya melakukan gerakan di lantai menggunakan matras. Gerakan aerial flow ini sebenarnya sama saja dengan gerakan yoga pada umumnya, tetapi ada beberapa modifikasi seperti gerakan tubuh yang menggantungkan kaki lurus ke atas dan kepala yang menghadap posisi ke bawah. Serta mempunyai gerakan tubuh seperti melayang-layang serta berayun-ayun. Gerakan yoga inilah yang berbeda dengan yoga pada umumnya. Namun yoga jenis ini juga memberikan beberapa manfaat baik bagi kesehatan tubuh. Seperti melatih keseimbangan serta koordinasi pada tubuh, juga meningkatkan body awareness yang disertai dengan posisi-posisi serta sikap tubuh yang benar.

 

Manfaat Aerial Flow Yoga

Manfaat Aerial Flow Yoga

Manfaat yoga ini salah satunya adalah meningkatkan kekuatan serta ketahanan otot. Bahkan untuk memperbaiki kondisi psikologis atau kejiwaan, lalu memperbaiki pikiran serta konsentrasi, menenangkan pikiran, dan relaksasi. Yoga jenis ini sangat efektif untuk memperbaiki perasaan, bahkan meningkatkan perasaan senang serta bahagia. Ini dikarenakan hormon endorpin pada otak yang juga mengalami peningkatn. Serta memperlancar sirkulasi darah yang mengalir ke otak sehingga persediaan oksigen pada otak lebih baik. Hal ini menyebabkan meningkatnya fungsi otak seperti konsentrasi, daya ingat, daya pikir bahkan memori. Aerial Flow Yoga memang tidak bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit, tapi bisa mengurangi beberapa gejala seperti pada tulang belakang, nyeri punggung bagian bawah, memperbaiki saraf yang terjepit (ischialgia) bahkan sciatica, atau gangguan bentuk tulang belakang seperti skoliosis.

Aerial flow yoga bisa diikuti oleh laki-laki ataupun perempuan sejak usia remaja hingga dewasa. Untuk usia lanjut, kata Dr.Wishnu, sebaiknya berhati-hati dan mungkin dapat diikuti bila dari usia muda sudah rutin melakukan yoga. Wanita hamil juga tidak dianjurkan mengikuti yoga ini, juga individu yang baru operasi mata atau glaukoma, dan memiliki penyakit vertigo. Yoga jenis ini juga bisa dilakukan sendiri di rumah, asal sudah memahami dan tentu saja memiliki peralatan latihannya. Bagi pemula, Aerial Flow Yoga yang dapat dilakukan adalah kelas gerakan-gerakan dasar yang akan dibimbing oleh instruktur terlatih dan menggunakan alas matras.

Beberapa instruktur menuturkan, penguasaan teknik gerakan yang benar harus dilakukan dari pemanasan otot lengan agar terhindar dari cedera olahraga. Bila tekniknya tidak dikuasai dengan benar, umumnya cedera di daerah sendi bahu, punggung, pangkal paha, atau robekan otot karena regangan berlebihan. Pada posisi kepala di bawah, dapat menyebabkan pusing atau mual. Bila teknik salah dan genggaman tangan pada kain hammock tidak kuat, dapat menyebabkan terjatuh dari kain hammock (jatuh dari ketinggian kurang lebih 1 meter).

 

Alat Aerial Flow Yoga

Alat Aerial Flow Yoga

Beberapa tempat fitness di Indonesia sudah mulai memperkenalkan kelas yoga terbaru Aerial Flow dengan menggunakan properti unik yang disebut Gravotonics Yoga Swing. Signature Aerial Flow ini diperkenalkan bersamaan dengan beberapa event menarik untuk terus mendorong masyarakat Indonesia menjalani gaya hidup sehat. Berbeda dengan yoga pada umumnya, yang membuatnya spesial adalah programnya yang khusus dengan trainer terlatih untuk memberikan instruksi tidak hanya olah fisik, namun juga harmonisasi antara gerak tubuh dan ketenangan pikiran.

 

Gerakan Aerial Flow Yoga

Gerakan Aerial Flow Yoga

Aerial Flow Yoga yang dilakukan dengan posisi tubuh bergantung di ayunan, memiliki rangkaian gerakan yang lebih mudah dan nyaman. Selain dapat menyehatkan dan memulihkan persendian, Aerial Flow Yoga juga dapat memperbaiki ketidakseimbangan otot dan memberikan mobilitas tubuh yang lebih besar.

Apa sebenarnya keuntungan melakukan yoga dengan posisi tubuh menggantung terbalik? Menurut Dr.Rachmad Wishnu Hidayat, SpKO, yang juga merupakan salah satu member setia Fitness First bahwa “Pada saat tubuh kita dalam posisi terbalik, otak kita mendapatkan asupan oksigen lebih banyak, sehingga tubuh akan menjadi lebih fresh dan membantu proses detoksifikasi, selain itu posisi ini juga akan membantu meregangkan tubuh, yang bila dilakukan secara teratur akan berdampak pada proses pemulihan syaraf-syaraf terjepit akibat posisi tubuh kita saat aktifitas sehari-hari.”

Posisi unik menggantung ini, ternyata juga bisa memberikan sensasi tantangan tersendiri bagi beberapa orang yang belum pernah mencobanya, dengan alasan takut jatuh atau takut cedera. Salah satu keunggulan kelas Aerial Flow Yoga ini adalah para instrukturnya yang terlatih. Dimana akan memberikan perhatian khusus pada gerakan ataupun postur tubuh dari setiap pesertanya. Sehingga dengan demikian keamanan dan kenyamanan dari para peserta kelas ini pun akan terjaga. Untuk itu jumlah peserta setiap kelasnya sangat terbatas dan pada awalnya ada 3 club yang memiliki fasilitas kelas Aerial Flow Yoga, yaitu di Lippo Mall Kemang, Lotte Avenue dan Pejaten Village. Tapi pada zaman sekarang banyak sekali fitness yang menyediakan kelas ini.

Kelas Aerial Flow sendiri sejak awal kehadirannya sudah dihadirkan untuk menjadi kelas unggulan di Fitness First. Selain dari yoga yang menjadi trend di masyarakat, kemudian Fitness First menghadirkan kelas yoga yang lebih unik dibandingkan yoga pada umumnya. Hal tersebutlah yang kemudian menjadikan Aerial Flow Yoga menjadi salah satu kelas yang paling diminati diantara member Fitness First.

Baca Juga :

 

Harga Kelas Aerial Flow Yoga

Keunikan dari kelas Aerial Flow Yoga ini memang cocok untuk kondisi tubuh wanita yang mempunyai tenaga yang tidak terlalu besar. Dukungan dari gerakan ayunan akan membantu menguasai gerakan yoga yang cukup kompleks, namun juga dilakukan dengan tenang dan dapat memberikan efek relaksasi bagi tubuh.

Pada kelas Aerial Flow Yoga, biasanya memiliki instruktur yang berstandar tinggi dan profesional serta dibantu dengan peralatan yang aman. Satu sesi kelas Aerial Flow Yoga disetiap tempat  dapat berlangsung selama satu jam yang sudah termasuk pemanasan hingga pendinginan tubuh. Untuk mengikuti latihan Aerial Flow sendiri perlu iuran bulanan Rp 600.000 sampai Rp 700 .000 dengan pembayaran setiap empat bulan dan anggota sudah dapat menikmati semua fasilitas yang ada di sana.

 

Nah begitulah ulasan lengkap dari Tips Kebugaran tentang Aerial Flow Yoga yang sedang tren saat ini. Untuk melakukan olahraga ini, Anda sangat disarankan untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu dan diawasi oleh instruktur profesional. Selamat mencoba. Be Healthy !!

Baca Juga

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Macam-Macam Video Gerakan Senam Aerobik Beserta Manfaatnya
  2. Mengenal Sejarah, Gerakan dan Manfaat Dari Olahraga Muay Thai

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*