6 Bahaya Menahan Kencing Terlalu Lama

menahan-kencing-terlalu-lama
menahan-kencing-terlalu-lama

  Kita seringkali melakukan kebiasaan buruk yang dapat mengundang bahaya bagi kesehatan. Kebiasaan tersebut yaitu menahan kencing, tak bisa dipungkiri hal ini sering kita lakukan terutama ketika sedang asyik bermain atau terlalu sibuk kerja. Untuk jangka pendek, mungkin anda tidak akan merasakan gejala-gejala aneh yang dapat menjadi bahaya menahan kencing terlalu lama. Tetapi jika kebiasaan tersebut sering anda lakukan bahkan setiap hari? Tentunya akan berdampak buruk bagi kesehatan anda nantinya.

Urin merupakan sebuah kotoran yang telah selesai disaring dan dibersihkan oleh tubuh. Sebaik-baiknya kotoran tentu harus dikeluarkan dari tubuh kita agar tidak menjadi penyakit nantinya. Didalam saluran kandung kemih terdapat otot yang berfungsi untuk menahan air. Jika kandung kemih sering menahan air kencing, hal buruk yang dikhawatirkan yaitu air seni akan naik menuju ginjal sehingga memicu terjadinya gagal ginjal. Berikut ini adalah beberapa Bahaya Menahan Kencing Terlalu Lama bagi kesehatan tubuh anda.

 

1. Infeksi Pada Ginjal

infeksi-ginjal

Seperti yang telah kami jelaskan diatas bahwa menahan kencing terlalu lama dapat membuat air seni naik menuju ginjal sehingga dapat memicu terjadinya infeksi dan gagal ginjal. Untuk itu, biasakan agar anda tidak terlalu sering melakukan kebiasaan buruk tersebut.

 

2. Pencernaan Terganggu

pencernaan-terganggu

Selain infeksi pada ginjal, menahan kencing terlalu lama juga berakibat fatal pada sistem pencernaan. Pencernaan menjadi terganggu dan tidak lancar dimana yang seharusnya sudah selesai tetapi tidak dituntaskan sehingga dapat menghambat proses pencernaan berikutnya.

 

3. Batu Ginjal

infeksi-pada-ginjal

Batu ginjal merupakan penyakit yang dapat disebabkan karena kebiasaan buruk menahan kencing. Ketika urin menumpuk pada ginjal, maka akan terjadi penggumpakan hingga mengeras. Pengerasan yang terjadi mengandung kristal garam yang sewaktu-waktu dapat membesar dan mengakibatkan batu ginjal.

 

4. Infeksi Saluran Kencing

infeksi-saluran-kemih

Infeksi saluran kencing terjadi akibat kotoran dan bakteri yang menempel dan gejala yang ditimbulkan hampir sama dengan gejala infeksi pada kandung kemih yaitu rasa nyeri dibagian bawah perut dan sakit ketika buang air kecil. Jika anda mengalami hal tersebut, maka sebaiknya anda segera periksakan kondisi kesehatan anda ke dokter.

 

5. Anyang-anyangan

anyang-anyangan

Masalah lain yang kerap ditimbulkan akibat menahan kencing yaitu anyang-anyangan. Istilah ini dikenal untuk mendefinisikan seseorang sering merasa sakit dan nyeri ketika buang air kecil. Biasanya untuk mengatasi masalah ini, anda cukup perbanyak minum air putih dan hentikan kebiasaan menahan kencing.

Baca Juga : 5 Cara Jitu Mencegah Stroke Pada Wanita

 

6. Infeksi Kandung Kemih

infeksi-kandung-kemih

Air kencing adalah sisa pencernaan yang banyak mengandung bakteri dan kotoran sehingga tidak baik bagi kesehatan. Penumpukan urin akan menyebabkan infeksi pada kandung kemih dimana infeksi tersebut terjadi akibat menempelnya bakteri pada bagian kandung kemih. Gejala yang dialami hampir serupa dengan infeksi saluran kencing yaitu nyeri saat buang air kecil dan volume air kecil berkurang drastis.

 

Itulah beberapa bahaya yang dapat terjadi jika anda terlalu sering menahan air kencing. Semoga ulasan kami ini bisa menjadi referensi dan informasi yang bermanfaat bagi kita semua. Terimakasih.

Baca Juga



1 Trackback / Pingback

  1. 5 Cara Jitu Mencegah Stroke Pada Wanita - Tips Kebugaran

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*