5 Jenis Makanan Berkolesterol Yang Harus Dihindari

Jenis Makanan Berkolesterol

  Kolestrol merupakan metabolit yang mengandung lemak sterol yang biasa ditemukan pada membran sel dan disirkulasikan dalam plasma darah. Tingginya kadar kolesterol yang ada di dalam tubuh dapat memicu munculnya berbagai macam penyakit yang cukup kronis, salah satu penyakit kronis yang timbul karena kadar kolestrol tinggi yaitu penyakit jantung. Ada beberapa jenis makanan berkolesterol yang dapat menghambat kinerja jantung, sehingga jantung akan mengalami gangguan serius.

Sebenarnya tidak semua jenis kolestrol yang ada di dalam tubuh, berdampak negatif. Kolestrol yang memicu penyakit pada tubuh yaitu kolestrol kategori LDL sedangkan untuk jenis HDL merupakan kolestrol yang dapat melarutkan kolestrol jahat dalam tubuh. Batas normal kolesterol dalam tubuh adalah 160–200 mg. Dan biasanya orang yang mempunyai kolestrol yang tinggi, adalah orang-orang yang memiliki berat badan yang berlebih. Orang yang mempunyai berat badan berlebih, cenderung mempunyai lemak yang tinggi karena hobi mengkonsumsi jenis makanan berkolesterol.

Dan dari lemak inilah kolestrol muncul dalam tubuh, untuk anda yang merasa anda mempunyai kadar kolestrol yang tinggi sebaiknya anda harus mengetahui pantangan apa saja yang harus anda lakukan. Salah satu pantangan yang harus anda ketahui misalkan pantangan makan, berikut ini Tips Kebugaran hadirkan 5 jenis makanan berkolestrol yang harus anda hindari.

 

1. Daging unggas

Daging Unggas - Jenis Makanan Berkolesterol

Dibandingkan jenis daging merah lainnya, daging unggas memang memiliki kandungan lemak yang lebih rendah. Akan tetapi jika dimakan dalam jumlah yang berlebih atau sering dapat memberikan efek yang negatif bagi penderita kolestrol. Hal ini disebabkan mengkonsumsi daging unggas berlebih, dapat meningkatkan kolestrol dalam darah. Sebaiknya untuk anda yang mempunyai kadar kolestrol yang tinggi, sebaiknya hindari mengkonsumsi makanan yang berbahan daging merah seperti unggas

 

2. Kelapa

Kelapa - Jenis Makanan Berkolesterol

Makanan pantangan kolestrol selanjutnya yaitu kelapa, sebab kelapa mengandung lemak jenuh yang cukup tinggi. Namun jika dikonsumsi dalam sekala sedang tidak terlalu buruk terhadap kadar kolestrol, namun jika kelapa di konsumsi terlalu banyak maka akan berpengaruh buruk kepada kesehatan bagi si penderita kolestrol tersebut.

 

3. Makanan Yang Mengandung Lemak dan Minyak

Jenis Makanan Berkolesterol

Contoh makanan yang mengandung lemak dan minyak diantaranya santan, minyak kelapa, margarin dan mentega. Alangkah baiknya jika menggunakan minyak untuk menggoreng makanan, sebaiknya menggunakan minyak tak jenuh 60%. Makanan lain yang mengandung lemak dan minyak diantaranya kacang tanah, cokelat, biskut dan keju

 

4. Pizza

Pizza - Jenis Makanan Berkolesterol

Bagi anda penderita kolestrol sebaiknya menghindari makanan pizza, sebab satu potong piza mengandung 10 gram lemak dan 4,4 gram lemak jenuh. Maka dari itu sangat dianjurkan untuk menjauhi mengkonsumsi pizza bagi para penderita kolestrol tinggi.

Baca Juga : 5 Cara Menjaga Kolesterol Tubuh Agar Tetap Stabil

 

5. Pai dan kue

Kue Pai - Jenis Makanan Berkolesterol

Kue yang berbahan krim susu dan keju dapat mengandung lemak jenuh, maka satu gigitan pai dan kue dapat menyumbangkan kalori yang sangat tinggi bagi tubuh. Jadi untuk anda yang merasa mempunyai kolestrol yan tinggi sebaiknya menghindari makanan jenis ini.

 

Bagaimana? sudah siap untuk hidup sehat? semoga artikel 5 Jenis Makanan Berkolesterol Yang Harus Dihindari diatas dapat menjadi pedoman titik balik anda ya.. Be Healthy !!

Baca Juga



1 Trackback / Pingback

  1. 5 Cara Menjaga Kolesterol Tubuh Agar Tetap Stabil - Tips Kebugaran

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*